Pelajaran TKJ

Sunday 2 June 2013

Penjelasan prinsip penyimpanan data dari Hardisk

Prinsip Kerja Hardisk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya pada pengertian hardisk bahwa cakram padat ini terletak pada sebuah spindle. Spindle memutar pelat hardisk dalam kecepatan yang diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). Putaran hardisk per menit menjadi indikator kualitas hardisk dan ukuran kecepatan yang umum ada dipasaran ialah 5400 RPM, 7200 RPM, dan 10000 RPM.

Pelat hardisk memiliki dua buah head yang terletak di kedua permukaan pelat untuk membaca dan merekam data atau informasi yang tersimpan. Apabila hardisk memiliki tiga pelat maka terdapat enam head. Head bekerja pada sebuah slider yang terhubung dengan lengan yang disebut actuator arms.

Actuator arms terpasang secara statis pada poros actuator dan mekanisme gerakan actuator dikendalikan oleh sebuah papan pengendali.Komunikasi dapat terjadi antara actuator dengan komponen komputer lainnya dibawah kontrol papan pengendali. Sebuah kabel pita tipis akan memberi jalan intruksi dari dalam dan keluar hardisk dalam mengkomunikasikan setiap pertukaran informasi yang tersimpan didalam pelat.

Jumlah pelat tergantung dari ukuran daya tampung hardisk secara keseluruhan.Umumnya pelat hardisk dapat menampung puluhan juta bit data yang dikumpulkan kedalam kelompok lebih besar sehingga memungkinkan akses informasi lebih cepat dan mudah. Pelat hardisk yang memiliki kapasitas total sebesar 80 Giga Byte (GB) berarti mempunyai 2 pelat.

Jika ukuran kapasitas hardisk ialah 30 (GB) maka terdapat 2 pelat berukuran 10 GB dan 20 GB atau tiga pelat berukuran 10 GB.Setiap pelat mampu merekam dan menyimpan informasi dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Bagian-bagian yang lebih kecil dari sebuah track disebut sektor yang memiliki daya muat informasi sebesar 512 bit.

Sektor-sektor dikelompokkan lagi dalam kelompok yang lebih besar disebut cluster. Pengelompokkan dalam cluster menciptakan mekanisme penulisan dan penyimpanan data menjadi lebih sederhana, efisien, dan mengurangi resiko kesalahan. Misalnya, saat menjalankan aplikasi presentasi pada komputer maka disitu terjadi proses memasukkan data dalam jumlah ribuan hingga jutaan ke aplikasi presentasi tadi.

Ukuran data sebesar 30 mega bit (MB) yang dimasukkan ke dalam sektor berukuran 512 bit tentu membutuhkan waktu lama sehingga menurunkan efisiensi. Untuk itu, efisiensi kinerja komputer tercapai karena performa menyeluruh komponen pendukung lainnya.

No comments:

Post a Comment